Materi KMB

Materi KMB : Anatomi Fisiologi Sistem Endokrin

Materi  Kuliah, Anatomi Fisiologi Sistem EndokrinKelenjar endokrin adalah kelenjar yang tidak memiliki saluran, yang dapat menyalurkan sekresi hormon langsung ke dalam darah. Hormon memberikan efek pada target organ atau jaringan. Beberapa hormon seperti insulin dan tiroksin memiliki banyak organ target. Hormon lain seperti kalsitonin dan beberapa hormon kelenjar pituitari, hanya memiliki organ menargetkan satu atau beberapa.

1. Amina: hormon sederhana adalah variasi dari tirosin asam amino. Kelompok ini mencakup tiroksin dari kelenjar tiroid epinefrin, dan norepinefrin dari medula adrenal

2. Protein: Hormon ini rantai asam amino.Insulin dari pankreas, hormon pertumbuhan dari kelenjar hipofisis anterior, kalsitonin dari kelenjar tiroid semua asam amino yang disebut protein.Rantai pendek peptida. Hormon antidiuretik dan oksitosin yang disintesis oleh hipotalamus, hormon peptida.

3. Steroid: Kolesterol merupakan prekursor hormon steroid, termasuk kortisol dan aldosteron dari korteks adrenal, estrogen dan progesteron ovarium, dan testosteron dari testis.

Fungsi Kelenjar Endokrim

-Merangsang pertumbuhan jaringan
-Merangsang aktivitas kelenjar tubuh
-Menghasilkan hormon
-Mengontrol aktivitas kelenjar tubuh
-Mempengaruhi metabolisme lemak, arang hydrat, vitamin, mineral, dan air
-Dapat mengatur metabolisme, oksidasi, penyerapan glukosa dapat meningkat pada usus halus

Klasifikasi Hormon

• Hormon pembangun / Hormon pertumbuhan – hormon yang berperan dalam perkembangan dan pertumbuhan. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar gonad.
• Hormon metabolisme – proses homeostasis glukosa dalam tubuh diatur oleh bermacammacam hormon, contoh glukokortikoid, glukagon, dan katekolamin.
• Hormon tropik – yang dihasilkan oleh struktur khusus dalam pengaturan fungsi endokrin kelenjar hipofisis sebagai hormon pertumbuhan merangsang folikel (FSH) pada ovarium dan proses spermatogenesis (LH).
• Hormon yang dapatmengatur metabolisme yaitu air dan mineral – kalsitonin dihasilkan oleh kelenjar tiroid untuk mengatur metabolisme kalsium dan fosfor.

Sistem Endkrim Dan Organ

- Hypothalamus/Hipotalamus
- Pituitary gland/Kelenjar Hipofisis
- The thymus gland/Kelenjar Timus
- Thyroid gland/Kelenjar Tiroid
- Parathyroid glands/Kelenjar Paratiroid

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>