Askep Kanker serviks

Kanker serviksKanker serviks adalah penyakit yang disebabkan oleh tumor yang terletak di daerah mulut rahim karena pertumbuhan jaringan yang tidak terkendali di derah sekitarnya dan menyebabkan kerusakan jaringan di sekitaranya.

Penyebab, kejadian, dan faktor risiko

Seluruh dunia, kanker serviks adalah kanker paling umum ketiga pada wanita. Dan ‘jauh kurang umum di Amerika Serikat karena penggunaan rutin tes Pap.

Loading...

Kanker serviks dimulai di sel pada permukaan serviks. Ada dua jenis sel pada permukaan serviks: skuamosa dan kolumnar. Kebanyakan kanker sel skuamosa serviks.

Kanker serviks biasanya berkembang sangat lambat. Ini dimulai sebagai sebuah kondisi prakanker yang disebut displasia. Kondisi prakanker dapat dideteksi dengan pap smear dan 100% dapat disembuhkan. Inilah mengapa sangat penting bagi wanita untuk mendapatkan tes Pap secara teratur. Kebanyakan wanita yang didiagnosis dengan kanker serviks belum Pap smear secara teratur atau tidak merespon smear yang abnormal.

READ:  Gejala Yang Timbul Pada Kanker serviks

Terdeteksi perubahan pra-kanker dapat berkembang menjadi kanker leher rahim dan menyebar ke kandung kemih, usus, paru-paru dan hati. Hal ini dapat mengambil tahun untuk perubahan pra-kanker untuk mengubah menjadi kanker serviks. Pasien dengan kanker leher rahim biasanya tidak memiliki masalah sampai kanker yang canggih dan telah menyebar.

Hampir semua kanker serviks disebabkan oleh HPV (human papillomavirus). HPV adalah virus yang umum yang ditularkan melalui hubungan seks. Ada berbagai jenis HPV. Beberapa strain menyebabkan kanker serviks. (Strain lain dapat menyebabkan kutil kelamin, sementara yang lain tidak menyebabkan masalah.)

Faktor risiko untuk kanker serviks:

  • Berhubungan seks pada usia dini
  • Semakin banyak pasangan seksual
  • Situasi ekonomi yang buruk (mungkin tidak mampu membayar smear)
  • Pasangan seksual yang memiliki banyak pasangan atau yang berpartisipasi dalam kegiatan berisiko tinggi seksual
  • Wanita yang ibunya mengambil ‘(DES) selama kehamilan obat DES di tahun 1960 awal untuk mencegah keguguran
  • Sistim imun yang melemah
READ:  Tujuan dan Pemfokusan Intervensi Pada Abortus Imminen