Materi KMB : Batu Empedu

Materi Kuliah, Batu Empedu

Pengertian

Batu empedu adalah batu kecil, terbuat dari pigmen kolesterol atau partikel padat yang terbentuk dari empedu dalam kandung empedu.Batu empedu (biliary calculi) ini adalah batu kecil yang terbuat dari kolesterol, pigmen empedu dan garam kalsium, biasanya sebagai campuran yang terbentuk di kandung empedu.

Loading...

Gejala batu empedu
Gejala batu empedu dapat mencakup:

– Nyeri pada perut dan punggung. Nyeri umumnya jarang namun berat
– Peningkatan sakit perut setelah makan makanan berlemak
– penyakit kuning
– Demam dan nyeri, jika kandung empedu atau saluran empedu menjadi terinfeksi.

Berbagai jenis batu empedu
Ada tiga jenis utama dari batu empedu:

-Mixed stones:tipe ini paling umum. Mereka terdiri dari kolesterol dan garam. Campuran batu cenderung mengembangkan dalam batch.
-Cholesterol stones :Terdiri dari kolesterol, zat lemak . Batu Kolesterol dapat tumbuh hingga ukuran yang signifikan, cukup besar untuk memblokir saluran empedu.
– Pigment stones : empedu kehijauan-kecoklatan, karena pigmen tertentu. Batu empedu terbuat dari pigmen empedu yang
biasanya kecil, tetapi banyak.

READ:  Materi KMB : Ascites atau Asites

Penyebab dan faktor risiko
Batu empedu lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Mereka juga lebih sering terjadi pada orang gemuk, dan orang-orang dengan riwayat keluarga batu empedu.

Tidak ada penyebab tunggal batu empedu. Pada beberapa orang, hati memproduksi kolesterol terlalu banyak. Hal ini dapat mengakibatkan pembentukan kristal kolesterol dalam empedu yang tumbuh menjadi batu.

Diagnosis batu empedu
Batu empedu yang didiagnosis menggunakan sejumlah tes, termasuk:

1. General tests –seperti pemeriksaan fisik dan x-ray
2. Ultrasound/USG – gelombang suara membentuk gambar yang mendeteksi adanya batu empedu
3. Endoscope test – yang disebut endoscopic retrograde cholangiopancreatography (ERCP). Sebuah tabung tipis melewati kerongkongan dan menyuntikkan pewarna ke dalam usus untuk meningkatkan kualitas gambar x-ray
4. HIDA scan – tipe khusus scan yang menilai seberapa baik fungsi empedu kandung kemih

Komplikasi batu empedu

Komplikasi yang mungkin memerlukan perawatan medis yang segera meliputi:

READ:  Materi KMB : Batu Saluran Kencing

1.Biliary colic – Batu empedu dapat bermigrasi dari tubuh kandung empedu ke dalam leher (duktus sistikus), yang menyebabkan obstruksi. Gejala termasuk sakit parah dan demam.

2.Peradangan kandung empedu (kolesistitis) – saluran kandung empedu tersumbat oleh batu empedu, menyebabkan infeksi dan peradangan kandung empedu. Gejala termasuk sakit perut yang parah, mual dan muntah.

3. Jaundice – jika saluran empedu menuju usus tersumbat oleh batu, empedu terjebak memasuki aliran darah, bukan dari sistem pencernaan. Pigmen empedu menyebabkan menguningnya kulit dan mata. Urin juga mungkin berubah oranye atau coklat.

4. Pancreatitis – peradangan pankreas, disebabkan oleh empedu diblokir turun rendah saluran dekat pankreas.

5. Cholangitis – peradangan saluran empedu, yang terjadi ketika sebuah saluran empedu tersumbat oleh batu . Hal ini menyebabkan nyeri, demam, sakit kuning dan kekakuan (gemetar).

Pilihan pengobatan untuk batu empedu

Batu empedu yang hadir tanpa gejala biasanya tidak memerlukan intervensi medis. Dalam kasus tertentu (seperti pembedahan perut untuk kondisi lain), pengangkatan kandung empedu dapat dipertimbangkan untuk orang yang berisiko tinggi komplikasi batu empedu. Pengobatan tergantung pada ukuran dan lokasi batu empedu, tetapi mungkin termasuk:

READ:  Materi KMB: Studi Absorbsi Obat

1. Dietary modifications – Membatasi atau menghilangkan makanan berlemak seperti produk susu
2. Surgery – untuk menghapus seluruh kandung empedu, atau batu dari saluran empedu. Sekitar delapan dari 10 kasus menunjukkan gejala batu empedu akan membutuhkan operasi. Prosedur mencakup ‘lubang kunci’ (laparoskopi) operasi dan bedah perut (laparotomi), dimana kandung empedu diangkat melalui sayatan di perut.
3. Lithotripsy – Penggunaan mesin atau alat khusus untuk menghasilkan soundwaves untuk menghancurkan batu. Pengobatan ini digunakan di pusat-pusat tertentu saja, untuk minoritas orang dengan batu-batu kecil dan lembut.
4. Medications – Beberapa obat dapat melarutkan batu empedu, tetapi pengobatan ini hanya jarang diberikan, karena efek samping dan tingkat keberhasilan variabel.