Pengobatan Pada Kanker Serviks

Kanker serviksPengobatan kanker serviks tergantung pada:

Tahap kanker

Ukuran dan bentuk tumor

Loading...

Para wanita usia dan kesehatan umum

Keinginannya untuk memiliki anak di masa depan

Kanker serviks dini dapat disembuhkan dengan menghapus atau menghancurkan jaringan prakanker atau kanker. Ada berbagai cara bedah untuk melakukan ini tanpa menghapus atau merusak rahim serviks, sehingga seorang wanita masih dapat memiliki anak di masa depan.

Jenis operasi untuk kanker serviks dini meliputi:

Loop eksisi electrosurgical prosedur (LEEP) – menggunakan listrik untuk menghilangkan jaringan abnormal

Cryotherapy – pembekuan sel-sel abnormal

Terapi laser – menggunakan cahaya untuk membakar jaringan abnormal

Sebuah histerektomi (pengangkatan rahim tetapi bukan indung telur) ini biasanya jarang dilakukan untuk kanker serviks yang belum menyebar. Ini dapat dilakukan pada wanita yang telah mengulangi prosedur LEEP.

READ:  Askep Kanker serviks

Pengobatan untuk kanker serviks lebih maju mungkin termasuk:

Histerektomi radikal, yang menghilangkan uterus dan banyak jaringan sekitarnya, termasuk kelenjar getah bening dan bagian atas vagina.

Exenteration panggul, merupakan tipe ekstrim operasi di mana semua organ-organ panggul, termasuk kandung kemih dan rektum, dihapus.

Radiasi dapat digunakan untuk mengobati kanker yang telah menyebar ke luar panggul, atau kanker yang telah kembali. Terapi radiasi baik eksternal maupun internal.

Terapi radiasi internal menggunakan perangkat diisi dengan bahan radioaktif, yang ditempatkan di dalam vagina wanita di samping kanker serviks. Perangkat ini dihapus ketika dia pulang.

Terapi radiasi eksternal balok radiasi dari sebuah mesin besar ke tubuh dimana kanker berada. Hal ini mirip dengan sinar-x.

Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh kanker. Beberapa obat yang digunakan untuk kemoterapi kanker serviks termasuk 5-FU, cisplatin, carboplatin, ifosfamid, paclitaxel, dan cyclophosphamide. Terkadang radiasi dan kemoterapi digunakan sebelum atau setelah operasi.

READ:  Askep Abortus